mode (fashion)

Published May 7, 2012 by sbrn29

 

Artikel utama: Sejarah mode Barat

Wisatawan Barat awal, apakah akan Persia , Turki atau Cina sering berkomentar pada tidak adanya perubahan dalam mode di sana, dan pengamat dari budaya lain komentar ini pada kecepatan pantas fashion Barat, yang banyak orang merasa diusulkan ketidakstabilan dan kurangnya ketertiban dalam budaya Barat . Orang Jepang Shogun sekretaris membual (tidak sepenuhnya akurat) ke pengunjung Spanyol tahun 1609 bahwa pakaian Jepang tidak berubah di lebih dari seribu tahun. [2] Namun di Ming Cina , misalnya, ada cukup bukti untuk berubah dengan cepat mode di pakaian Cina . [3] Perubahan kostum sering terjadi pada masa perubahan ekonomi atau sosial (seperti di Roma kuno dan abad pertengahan kekhalifahan ), tetapi kemudian dalam waktu yang panjang tanpa diikuti perubahan besar. Hal lain yang terjadi adalah perubahan kostum teknologi. Dengan teknologi, mesin jahit diciptakan dan membuat produksi massal mungkin. Akibatnya, itu membuat produksi pakaian lebih mudah, dan murah, juga membantu meningkatkan perekonomian. Hal ini terjadi di Moor Spanyol selama abad ke-8, ketika musisi terkenal Ziryab memperkenalkan canggih pakaian-gaya berdasarkan timing musiman dan harian dari asli nya Baghdad dan inspirasi sendiri untuk Córdoba di Al-Andalus . [4] [5] . Ziryab mengilhami pakaian Pria dan wanita, dan beberapa orang bahkan mengatakan cara mereka dihiasi rumah mereka. Pria yang digunakan untuk memakai rambut mereka panjang dan berpisah, sekarang memakai itu dan sebuah mahkota di sekitarnya. Gaun manusia berubah juga, di musim semi mereka memakai warna-warna cerah, pakaian longgar untuk musim panas, dan topi bulu untuk musim dingin. Namun, orang-orang itu bukan satu-satunya terinspirasi dari busana ini, para wanita memakai syal yang memiliki lirik dibordir pada mereka. Satu dapat melihat bagaimana Ziryab benar-benar membuat dampak dan menyentuh hati di Spanyol, dan bagaimana orang bercita-cita untuk berpakaian dan menjadi seperti dia. Serupa perubahan mode terjadi di Timur Tengah dari abad ke-11, setelah kedatangan Turki , yang memperkenalkan gaya pakaian dari Asia Tengah dan Timur Jauh . [6]

Pada awal dari kebiasaan di Eropa perubahan terus-menerus dan semakin cepat dalam gaya pakaian dapat cukup andal tanggal ke pertengahan abad ke-14 , yang termasuk sejarawan James Laver dan Fernand Braudel tanggal awal Barat dalam mode pakaian. [7] [8] Abad ke-14 merupakan periode di mana perbedaan antara kedua jenis kelamin mulai mulai berlaku. Beberapa pakaian telah berubah dari pakaian yang dimiliki oleh string, untuk upgrade dari tombol. Pada periode ini orang dapat melihat bagaimana gaya tradisional melambat berubah lebih modern. Banyak orang selama ini memakai pakaian besar, dan menunjuk sepatu, tapi menyadari bahwa mereka menginginkan pakaian ketat lebih halus diri menyanjung. Manifestasi paling dramatis adalah pemendekan drastis mendadak dan pengetatan garmen atas laki-laki, dari betis -panjang ke hampir meliputi pantat , kadang disertai dengan isian di dada untuk terlihat lebih besar. Hal ini menciptakan garis laki-laki yang khas Barat top disesuaikan dikenakan di atas legging atau celana panjang.
Marie Antoinette adalah seorang ikon fashion

Laju perubahan dipercepat jauh di abad berikut, dan wanita dan fashion pria, terutama di ganti dan menghiasi rambut, menjadi sama-sama kompleks dan berubah. sejarawan seni karena itu dapat menggunakan mode di gambar berkencan dengan meningkatkan keyakinan dan presisi, sering dalam waktu lima tahun dalam kasus gambar abad 15. Awalnya perubahan dalam mode menyebabkan fragmentasi dari apa yang sebelumnya sangat mirip gaya berpakaian di seluruh kelas atas Eropa, dan pengembangan gaya khas nasional. Ini tetap sangat berbeda sampai counter-gerakan dalam 17 ke abad 18 yang dikenakan gaya yang sama sekali lagi, sebagian besar berasal dari Ancien Regime Perancis . [9] Meskipun mode biasanya dipimpin kaya, peningkatan kemakmuran Eropa modern awal menyebabkan borjuasi dan bahkan petani berikut tren pada jarak dekat kadang-kadang tidak nyaman untuk para elit-sebuah faktor Braudel menganggap sebagai salah satu motor utama perubahan mode. [10]
Albrecht Dürer ‘s gambar kontras yang borjuis juga ternyata dari Nuremberg (kiri) dengan rekan nya dari Venice . Tinggi wanita Venesia yang chopines membuat dia lebih tinggi

Sepuluh potret abad ke-16 dari Jerman atau Italia sekalian dapat menunjukkan sepuluh topi sama sekali berbeda, dan pada periode ini perbedaan nasional berada di paling menonjol mereka, seperti Albrecht Dürer tercatat dalam sebenarnya atau kontras nya gabungan dari Nuremberg dan Venetian fashions di dekat dari abad ke-15 (ilustrasi, kanan). The “gaya Spanyol” dari akhir abad ini mulai bergerak kembali ke sinkronisitas antara kelas atas Eropa, dan setelah perjuangan di pertengahan abad 17, gaya Perancis tegas mengambil alih kepemimpinan, proses selesai pada abad ke-18. [11 ]

Meskipun warna dan pola tekstil berubah dari tahun ke tahun, [12] potongan mantel pria dan panjang rompi, atau pola yang gaun wanita dipotong diubah lebih lambat. Busana pria sebagian besar berasal dari militer model, dan perubahan dalam siluet laki-laki Eropa galvanis di bioskop Eropa perang, dimana petugas pria memiliki kesempatan untuk membuat catatan dari gaya asing: contoh adalah “Steinkirk” dasi atau dasi .

Laju perubahan dijemput di 1780-an dengan penerbitan peningkatan ukiran Perancis yang menunjukkan gaya terbaru Paris, meskipun telah ada pembagian boneka dari Perancis berpakaian sebagai pola sejak abad 16, dan Abraham Bosse telah menghasilkan ukiran mode dari 1620. Pada 1800, semua orang Eropa Barat yang berpakaian sama (atau pikir mereka): variasi lokal pertama menjadi tanda provinsi budaya, dan kemudian lencana dari petani konservatif. [13]

Walaupun penjahit dan penjahit tidak diragukan lagi bertanggung jawab atas banyak inovasi sebelumnya, dan tekstil industri banyak tren tentu dipimpin, yang sejarah desain fashion biasanya diambil [ oleh siapa? ] untuk tanggal dari 1858, ketika Inggris lahir Charles Frederick Worth membuka pertama benar [ musang kata ] haute couture rumah di Paris. Rumah Haute adalah nama yang ditetapkan oleh pemerintah untuk rumah mode yang memenuhi standar industri. Mereka memiliki standar tertentu seperti: mempekerjakan sejumlah karyawan, menunjukkan pakaian di fashion show, dan menyajikan sejumlah pola untuk konsumen. Rumah khusus adalah banyak untuk mencapai dan penjahit paling dan selokan bercita-cita untuk membuka satu. Sejak saat itu desainer profesional telah menjadi tokoh semakin lebih dominan, meskipun asal-usul mode banyak street fashion. Untuk wanita flapper gaya tahun 1920-an ditandai perubahan yang paling utama dalam gaya yang selama beberapa abad, dengan pemendekan drastis dari panjang rok, dan jauh lebih longgar pas pakaian, dengan kebangunan rohani sesekali rok panjang bentuk panjang pendek tetap dominan sejak . Flappers juga mengenakan cloches, yang dinyanyikan pas dan menutupi dahi. Sepatunya memiliki tumit dan semacam gesper. Bagian yang paling penting adalah perhiasan, seperti: anting-anting dan kalung yang memiliki berlian atau permata. Flapper memberikan gambar tertentu sebagai menggiurkan karena gaun panjang pendek nya, yang adalah bentuk pas, dan sejumlah besar perhiasan yang kaya di lehernya.

Keempat utama saat ini ibukota fashion yang diakui menjadi Milan , New York City , Paris , dan London . minggu Mode diadakan di kota-kota, di mana desainer memamerkan koleksi pakaian baru mereka untuk penonton, dan yang semuanya markas ke perusahaan mode terbesar dan terkenal dengan pengaruh besar mereka pada mode global.

Modern Barat memiliki berbagai pilihan yang tersedia dalam pemilihan pakaian mereka. Apa seseorang memilih untuk memakai dapat mencerminkan orang itu kepribadian atau sejenisnya. Ketika orang yang memiliki budaya statusnya mulai memakai pakaian baru atau berbeda trend fashion mungkin mulai. Orang yang suka atau menghormati mereka dapat mulai memakai pakaian gaya serupa. Gaya ini diciptakan oleh perancang busana di seluruh dunia.

Fashions mungkin berbeda dalam masyarakat sesuai dengan usia , kelas sosial , generasi , pekerjaan , dan geografi serta dari waktu ke waktu. Jika, misalnya, sebuah gaun orang tua sesuai dengan mode anak muda, ia mungkin tampak konyol di mata kedua orang muda dan tua. Istilah fashionista dan korban mode menyebut seseorang yang sangat merendahkan diri mengikuti mode saat ini.

Satu dapat menganggap sistem olahraga berbagai fashions sebagai gaya bahasa yang menggabungkan berbagai mode pernyataan menggunakan tata bahasa mode.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: